Fakta Ilmiah Larangan Memakai Emas Sutera Untuk Kaum Adam

January082013

Foto ilustrasi



Membaca status salah satu teman saya di facebook yang berisi postingan tentang Fakta Ilmiah Larangan Memakai Emas Sutera Untuk Kaum Adam,menarik perhatian saya untuk membuat artikel ini.
Pada hakekatnya,larangan pemakaian emas untuk laki-laki sudah ditentukan oleh para ahli
Islam
seperti tertera pada hadist berikut :
“Dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,‘Emas dan sutra dihalalkan
bagi para wanita dari ummatku, namundiharamkan bagi
para pria’.” (HR. An Nasai dan Ahmad).

Namun inilah salah satu bukti kebenaran ilmu Islam,kenapa saya berkata seperti itu ? Bayangkan,Rosulullah SAW hidup pada masa dimana teknologi belum secanggih sekarang. Namun beliau sudah mempunyai ilmu tentang larangan ini,tentunya larangan tersebut tidak asal berkiblat pada sebuah ramalan ataupun asal-asalan. Akan tetapi berkiblat pada Al Qur an sebagaimana dijelaskan dalam buku Halal dan Haram dalam Islam yang ditulis oleh Syekh Muhammad Yusuf Qardhawi dan dialih bahasa oleh H. Mu'ammal Hamidy ( Penerbit: PT. Bina Ilmu, 1993 ) berikut :


"Siapakah yang berani mengharamkan perhiasan Allah yang telah dikeluarkan untuk hambaNya dan begitu juga rezeki-rezeki yang baik (halal)?" (al-A'raf: 32)


Maka dibalik itu Islam telah mengharamkan kepada orang laki-laki dua macam perhiasan, di mana kedua perhiasan tersebut justru paling manis buat kaum wanita. Dua macam perhiasan itu ialah:
1. Berhias dengan emas.
2. Memakai kain sutera asli.

Ali bin Abu Talib r.a. berkata:

"Rasulullah s.a.w. mengambil sutera, ia letakkan di sebelah kanannya, dan ia mengambil emas kemudian diletakkan di sebelah kirinya, lantas ia berkata: Kedua ini haram buat orang laki-laki dari umatku." ( Riwayat Ahmad, Abu Daud, Nasa'i, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah )


Tetapi Ibnu Majah menambah:

"halal buat orang-orang perempuan."


Dan Saiyidina Umar pernah juga berkata:

"Aku pernah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: 'Jangan kamu memakai sutera, karena barangsiapa memakai di dunia, nanti di akhirat tidak lagi memakainya.'" (Riwayat Bukhari dan Muslim)


Dan tentang masalah pakaian sutera Nabi pun pernah juga bersabda:

"Sesungguhnya ini adalah pakaian orang yang (nanti di akhirat) tidak ada sedikitpun bagian baginya." (Riwayat Bukhari dan Muslim)


Dan tentang masalah emas, Nabi s.a.w. pernah melihat seorang laki-laki memakai cincin emas di tangannya, kemudian oleh Nabi dicabutnya cincin itu dan dibuang ke tanah. Kemudian beliau bersabda:

"Salah seorang diantara kamu ini sengaja mengambil bara api kemudian ia letakkan di tangannya. Setelah Rasulullah pergi, kepada si laki-laki tersebut dikatakan: 'Ambillah cincinmu itu dan manfaatkanlah.' Maka jawabnya: 'Tidak! Demi Allah, saya tidak mengambil cincin yang telah dibuang oleh Rasulullah.'" (Riwayat Muslim)


Dan seperti cincin, menurut apa yang kami saksikan di kalangan orang-orang kaya, yaitu mereka memakai pena emas, jam emas, gelang emas, kaling rokok emas, mulut/gigi emas dan seterusnya.
Adapun memakai cincin perak, buat orang laki-laki jelas telah dihalalkan oleh Rasulullah s.a.w., sebagaimana tersebut dalam hadis riwayat Bukhari, bahwa Rasulullah sendiri memakai cicin perak, yang kemudian cincin itu pindah ke tangan Abubakar, kemudian pindah ke tangan Umar dan terakhir pindah ke tangan Usman sehingga akhirnya jatuh ke sumur Aris ( di Quba' ).
Tentang logam-logam yang lain seperti besi dan sebagainya tidak ada satupun nas yang mengharamkannya, bahkan yang ada adalah sebaliknya, yaitu Rasulullah s.a.w. pernah menyuruh kepada seorang laki-laki yang hendak kawin dengan sabdanya:

"Berilah (si perempuan itu) mas kawin, walaupun dengan satu cincin dari besi." (Riwayat Bukhari)


Dari hadis inilah, maka Imam Bukhari beristidlal untuk menetapkan halalnya memakai cincin besi. Memakai pakaian sutera dapat diberikan keringanan (rukhshah) apabila ada suatu keperluan yang berhubungan dengan masalah kesehatan, yaitu sebagaimana Rasulullah pernah mengizinkan Abdur- Rahman bin 'Auf dan az-Zubair bin Awwam untuk memakai sutera karena ada luka di bagian badannya.


Dari buku diatas dapat kita ketahui bahwa Allah telah melarang keras pemakaian perhiasan emas bagi kaum Adam. Namun mungkin untuk orang modern,pendapat seperti diatas masih kurang meyakinkan jika tanpa pembuktian ilmiah.
Di era modern ini,sebuah penelitian tentang zat di dalam emas dan pengaruhnya untuk kesehatan manusia telah ditemukan jawabannya. Penelitian tentang akibat dari pemakaian emas dapat kita baca dari artikel di bawah ini :

Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia, dan jika kita (para pria) mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas ( peristiwa ini jugadikenal dengan sebutan "migrasi emas" ) Dan apabila hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer, Zheimer adalah suatu penyakit di mana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental & fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Zheimer bukan penuaan normal, tetapi merupakan penuaan paksaan atau terpaksa. Dan mengapa islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas? Karena perlu dicatat bahwa wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui haid (datang bulan).

Referensi : www.rasyashare.com

Nah,bagaimana menurut anda ?
semoga postingan tentang Fakta Ilmiah Larangan Memakai Emas Sutera Untuk Kaum Adam bisa bermanfaat untuk kita semua.
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

3 tanggapan untuk "Fakta Ilmiah Larangan Memakai Emas Sutera Untuk Kaum Adam"

PaOHOZfcTmFAlko pada 04:19 AM, 22-May-13

Thanks! I've spent the last 6 weeks or so quietly tsenitg out a ton of different options for forums and social networking, but I kept running into snags. I didn't want to release a system that would hurt the quality of the site. After what feels like forever, I'm so happy to finally roll out these features!I'm really glad I was able to include the account dashboard at the top-right of the page. I agree that it makes everything a lot easier.Stay tuned because there are still more features to come!

siti umairoh pada 07:19 PM, 17-Sep-13

bagaimana dengan wanita yang sudah tidak menstruasi lagi atau menpause, tetapi masih menggunakan emas ??<br /><br />
apakah itu berbahaya buat dirinya??^_^

faisal pada 01:03 PM, 18-Jul-14

mana penjelasan buat kain sutra,apaan nih,gak lengkap

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas