Budidaya Semut Rangrang Terbaru

May042013


Semut Rangrang merupakan seekor hewan pengganggu namun bernilai jual kualitas emas. Di belahan bumi barat, hewab ini dikenal dengan nama Weaver Ant atau semut penenun. Hal ini karena semut rangrang membuat sarangnya dengan cara menenun dari benang sutra yang dihasilkan oleh larva mereka sendiri.
Hewan yang memiliki nama ilmiah Oecophylla ini juga terkenal memiliki gigitan yang sangat menyakitkan, dan juga cairan yang baunya sangat menyengat. Jika tangan Anda terluka, jangan sekali-kali terkena cairan ini karena rasanya akan seperti terbakar.

Semut rangrang merupakan hewan sosial, dimana mereka hidup bersatu dan bergotong royong untuk setiap koloninya. Dalam satu koloni terdapat beberapa kasta yang membedakan mereka dalam status sosial dan pekerjaan.
1. Ratu Semut
Dalam tiap koloni yang terdiri dari satu atau beberapa
sarang dapat ditemukan satu atau beberapa ekor ratu
semut.
ciri-ciri ratu semut
- Berukuran 20-25 mm,
- Berwarna hijau atau
coklat.
- Bertugas untuk menelurkan bayi-bayi semut.

Pada musim kering, dalam tiap-tiap sarang terdapat
seekor ratu semut, sedangkan pada musim penghujan
terdapat dan lebih dari seekor semut ratu, ratu
semut beserta sarangnya lebih banyak ditemukan pada
musim penghujan dibandingkan dengan musim kemarau
karena pada musim penghujan cukup tersedia makanan
dan tanaman untuk membuat sarang.
Ratu semut mudah dikenali karena tubuhnya lebih
besar, berwarna hijau hingga coklat dengan perut yang
besar dan menghasilkan banyak telur. Ratu semut ini
pada mulanya mempunyai sayap seperti halnya semut
jantan, tetapi setelah kawin sayapnya lepas.
Ratu semut banyak ditemukan pada tempat-tempat
yang tidak terganggu. Mereka menyukai tempat yang
aman untuk meletakkan telur.
Ratu semut umumnya berada pada sarang yang tidak
terlalu kecil, dengan daun-daun yang masih segar dan
hijau. Apabila daun-daun pembentuk sarangnya
mengering, sebagian semut bahkan ratunya akan
meninggalkannya dan berpindah ke sarang baru.
2. Semut Jantan
Semut jantan lebih kecil daripada ratu semut,
berwarna kehitamhitaman dan hidupnya singkat.
Setelah mengawini ratu ia mati. Di laboratorium
semut jantan dapat hidup selama 1 minggu, sedangkan
ratu semut dan semut pekerja dapat hidup beberapa
bulan.
3. Semut Pekerja / semut betina yang mandul.
Berukuran 5-6 mm, berwarna orange dan terkadang
kehijauan, bertugas mengasuh semut-semut muda yang
dihasilkan semut ratu. Semut pekerja adalah semut
betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang
dan merawat semut-semut muda.
4. Semut prajurit / semut satpam
Semut prajurit merupakan anggota yang paling banyak
jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk
semua aktivitas dalam koloninya.
ciri-ciri semut pekerja :
- Berukuran 8-10mm.
- Umumnya berwarna oranye.
- Memiliki kaki panjang yang
kuat.
- Antena panjang dan rahang besar
- Bertugas
menjaga sarang dari gangguan pengacau.
- Mencari dan
mengumpulkan makanan untuk semua koloninya serta
membangun sarang.
Mereka menjaga sarang dari
serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa
makanan untuk semua anggota koloninya serta
membangun sarang.
Selain tugas-tugas tersebut, masih ada lagi yang harus
dilakukan oleh prajurit. Pernahkah anda melihat ketika
sarangnya terganggu ? mereka membawa semut-semut
muda dengan giginya yang kuat dan memindahkannya ke
tempat aman. Setiap saat mereka akan memberikan
peringatan kepada semut lainnya apabila ada pengacau
memasuki daerah kekuasaannya. Coba panjat pohon
yang ada sarang semutnya, atau sentuh sedikit sarang
mereka, maka anda akan kagum karena hanya dalam
waktu sekejap seluruh prajurit semut muncul dan
mendatangi anda.
Ketika mereka menemukan mangsa, semut prajurit
menyebarkan bau dan menyentuh semut lainnya dengan
cara-cara tertentu untuk menunjukkan dimana mereka
menemukan mangsa dan seberapa besar mangsa yang
ditemukan. Sementara itu,beberapa semut
'mengeksekusi' mangsa tersebut dengan cara
menjepit menggunakan gigi, Semut saling bersentuhan
untuk berkomunikasi giginya. Bukankah itu suatu yang
luar biasa. Pada kondisi tertentu mereka juga dapat
meletakkan telur seperti ratu semut.

Berhari-hari saya belajar dari flodesta, saya akhirnya memutuskan untuk mencoba bisnis baru super murah ini. Kenapa saya sebut super murah ? Karena kita tidak perlu keluar banyak modal untuk memulai bisnis ini. Bahkan dari sumbernya disarankan agar meminimalisir dana modal budidaya semut rangrang ini.
Modal pertama yang saya keluarkan adalah :
1. Rak kosong bekas rak piring kayu yang sudah tidak terpakai di belakang rumah saya
2. Toples bekas makanan ringan dan botol air mineral yang saya minta dari toko teman.
3. Baskom plastik bekas yang teronggok di gudang rumah.
4. Dan tentunya pasukan koloni semut rangrang yang saya ambil dari kebun dekat rumah dan sekitar pekarangan tetangga.

Hari-hari pertama saya memulai bisnis ini, memang terkadang terbesit rasa ragu. Apakah mungkin semut-semut yang saya dapatkan dari alam ini bisa bertelur dan mau tinggal di tempat barunya ? Maklum, waktu itu dari sekian banyak sarang yang saya dapatkan, saya tidak berhasil mendapatkan sang ratu yang merupakan sumber telur penghasil emas putih ini. Minggu pertama hati saya sedikit lega, karena semut-semut tersebut mau menempati botol mineral bekas yang saya sediakan dan mulai terdapat titik-titik kuning yang merupakan cikal bakal larva semut rangrang.
Rasa lega dan senang semakin membuat saya semangat untuk kembali berburu di alam liar dan menangkarkan semut rangrang di rumah.








Sebagai makhluk hidup, tentunya semut rangrang juga butuh makan dan minum. Sangat mudah dan murah untuk mencukupi kebutuhan perut sang semut ini. Saya memberikan campuran air gula yang saya taruh di potongan botol air mineral dengan tinggi ± 2 cm, dan mereka sangat menyukainya. Untuk makanan sendiri saya memberikan beberapa kecoa, belalang, kelabang, kalajengking, tawon, cicak, ulat kandang, ulat hongkong dan beberapa serangga kecil yang saya berikan secara bergantian setiap harinya. Hal ini bertujuan agar semut tidak bosan dan jenuh denga jenis makanan yang kita sediakan. Sangat murah bukan ? Bahkan untuk sumber makanannya kita bisa memperoleh secara murah di lingkungan sekitar kita.

Kembali ke penghasil emas putih, kenapa saya sebut emas putih ? Jika Anda adalah pecinta burung kicau, tentu tidak akan kaget dengan harga Rp. 120.000-150.000/kg. Namun jika untuk orang awam, nilai tersebut akan membuat kita tercengang.
Ya, harga telur semut rangrang atau kroto di pasaran bisa tembus pada level tersebut. Bukan main, dengan modal minim dan boleh dibilang gratis. Kita bisa menciptakan sumber penghasilan tambahan sebanyak itu.
Bagaimana ? Apakah Anda juga tertarik untuk mencoba bisnis baru modal murah ini ?
Jika Anda benar-benar ingin mencoba budidaya semut rangrang ini, saya sarankan agar Anda mempelajari teknik-tekniknya langsung ke masternya di Flodesta. Karena di blog ini semua dijelaskan dan dijabarkan secara terbuka dan jelas.
Namun jika Anda malas baca tiap halamannya, saya akan membagikan e Book Budidaya Semut Rangrang secara gratis DISINI dan DISINI


Semoga bermanfaat dan keep moving for Indonesia BISA !!!!
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

67 responses to "Budidaya Semut Rangrang Terbaru"

Dani on 12:06 AM, 04-May-13

Nyimak aja gan.. cheesy-grin
ditunggu kunbalnya

arrow http://www.hacker.p.ht/hujan-meteor-akan-awali-2014.xhtml

RIDWAN TURI MWB on 12:07 AM, 04-May-13

bagus juga nih biggrin

http://ridwanturi.mywapblog.com/komentar-edi-tubau-tentang-cesc-fabregas.xhtml

ALFARIZI BLOG on 12:09 AM, 04-May-13

Nice post Kawan...

Berita Dunia on 12:18 AM, 04-May-13

Jualnya kemana ya"

AAK on 12:23 AM, 04-May-13

Nyimak aja sob...

Antony Stark on 01:31 AM, 04-May-13

Wah ditempat ane da gk ada sob semutx,kbnyakan diburu,
padahal wktu ane kecil masih bnyk dipohon2,

Agus Hambali on 01:48 AM, 04-May-13

Maaf, saya gak bisa baca artikelnya sekarang..soalnya mau berkunjung ke Blog lain biggrin sukses selalu ya!! biggrin

Visit: http://agushambali.mywapblog.com/

User Mwb on 03:52 AM, 04-May-13

Wah Thanks informasinya

XtReaM on 04:55 AM, 04-May-13

hdir aj sob.. Lg buru2

xtream.heck.in/trik-internet-gratis-3-3-4-5-6-7-mei-201.xhtml

merdian dwi priambodo on 05:19 AM, 04-May-13

MANTEP MASTA

merdian dwi priambodo on 05:19 AM, 04-May-13

MANTEP MASTA

merdian dwi priambodo on 05:20 AM, 04-May-13

MANTEP MASTA

bayu dewa balaputra on 05:34 AM, 04-May-13

kunjungan pagi sob.
smile maaf belum bisa baca postinganmu sob. dikarenakan harus berkunjung dari satu blog ke blog yang lain. jadi harap maklum. smile
jangan lupa mampir juga ya sob.
biggrin
http://bayusadewa.mywapblog.com/legenda-sang-pengembara.xhtml

merdian dwi priambodo on 05:35 AM, 04-May-13

MANTEP MASTA

musik indonesia on 05:37 AM, 04-May-13

Ente peternak semut tah bro biggrin

Gio48 on 05:39 AM, 04-May-13

Hadir untuk berkunjung balik teman. . .

Dapat info baru nieh. .

Knight on 05:47 AM, 04-May-13

kunbal.
mantabzz infonya

http://alisy-mn.mywapblog.com/

Shaun the sheep on 05:48 AM, 04-May-13

semoga sukses deng budidaya semut rangrang.x sob.

yardiantodachi on 06:04 AM, 04-May-13

boleh juga sob info bisnisnya.....
izin save sob pengen nyoba..

Bobod on 06:10 AM, 04-May-13

T4ku dah jarang ada

Jeasen Alaskobar Sang Editor on 06:19 AM, 04-May-13

wow mantap boss..
BerkeNan kunBaLL

arrow http://jeasen.mywapblog.com/
keuntungan-dan-kerugian-
sepeda-motor-2-t.xhtml

Lightening Heart on 06:26 AM, 04-May-13

saya kurang tahu sob....

Lightening Heart on 06:26 AM, 04-May-13

saya kurang tahu sob....

katiano gamesa on 06:26 AM, 04-May-13

jd pengen berburu semut rangrang nih,,

IRUL ARIEF on 06:42 AM, 04-May-13

wachhh ini informasi sekaligus tips yang mantaap niech min!! save dulu achhhh!!

Dherma Fianz on 07:17 AM, 04-May-13

kunjungan perdana sob. .Folow sukses sob. .
Ditunggu FOLBECK n Kunbalnya. .oke

http://dherma.heck.in/cara-hack-facebook-paling-ampuh.xhtml

Mitha LoveLy on 07:37 AM, 04-May-13

Ternyata Semut ada yg bermanfaat jg ea

Q kira cuma seEkor hwan pengganggu

Maksh infonya mz bro smile

Widy Setia on 07:47 AM, 04-May-13

Kunjungan pagi - kawan mantap ea - makasih info nyah

deva peth pein on 08:06 AM, 04-May-13

ane ga mudeng gan

http://wahyu58.heck.in/download-anime-ore-no-kanojo-to-osananaj-2.xhtml

arud virgo on 08:14 AM, 04-May-13

tmpat q gak ad a sob,nyari bbitny dmna??

mari berbagi dan bersilaturrahmi kawaaan,..
↓↓↓↓
http://arud_virgo.mywapblog.com/cara-merubah-
video-di-youtube-menjadi-mp.xhtml

χζζ ωωωжzøélfyжнєcкжїи ζζχ on 08:16 AM, 04-May-13

kalau di t4 ane telur semut buat makanan burung sob.

http://zoelfy.heck.in/asal-mula-ciuman.xhtml

ewans on 08:20 AM, 04-May-13

Hati hati digigit ntar min..

Zetsu on 10:01 AM, 04-May-13

Mantap min inpox

Ilman putara newbi on 10:05 AM, 04-May-13

kunjungan silaturahmi

http://ilman.heck.in/linkin-park-what-ive-done-mp3-hight-qual.xhtml

HARTONO on 10:08 AM, 04-May-13

Wah bagus ni buat di coba...

Siapa tahu sukses biggrin

Bryansastro on 10:14 AM, 04-May-13

wah...kroto-nya mahal tuh sob,buat pakan burung.

Bryansastro on 10:14 AM, 04-May-13

wah...kroto-nya mahal tuh sob,buat pakan burung.

Duniaku Berbagi on 10:58 AM, 04-May-13

semut2 dikampung ane udah hampir abis om, karna diburu untuk diambil telurnya buat pakan burung :p

Fadli 1933 on 12:32 PM, 04-May-13

G ada tempat nya min
Ok infonya

rafie on 12:36 PM, 04-May-13

lagi pliara semut yah gan hehehe
kunjungan siang gan ..
Maaf yah telat hadir soalnya baru datang skolah smile
Kalo ada waktu mampir yah, diblog butut ane sad

KAGE NARUSENSEI on 01:01 PM, 04-May-13

Dimana belinya? razz


http://www.narusensei.com

duasatu on 01:11 PM, 04-May-13

Biasa nya semut ini telur nya buat mancing biggrin

Irwan Ry on 01:49 PM, 04-May-13

nice pak ...

http://www.irwanry.net/colours-red-s60v3s60v5-edit-by-vicky-sup.xhtml

Fadly THÈkÌL LËR Blog on 02:00 PM, 04-May-13

Kerenn..?

Adetya 98 Respect on 02:25 PM, 04-May-13

Hadir..
nyimak aja sob.. Ada post baru diblogku .. Kunbalanya ditunggu.

http://bhill.mywapblog.com/f-png-dan-g-dan-bahasa-untuk-opmod-3.xhtml

Andie Zyodiablo on 02:33 PM, 04-May-13

tu kalo ngigit skit bgt lho... mampir y

fajri park on 03:13 PM, 04-May-13

Kunjungan siang sobat wah super mantap n keren infonya sangat2 bermanfaat jika ada waktu mampir,.

down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow

http://faampark.heck.in

rasdan on 04:14 PM, 04-May-13

mantap bro salam kenal

BERXCO SUNDANESE on 04:49 PM, 04-May-13

berharga juga lur. Tks

Aries on 05:56 PM, 04-May-13

wah cukup ambil ratunya terus pindahin ke toong , jadi deh sarang...tapi kalo ratunya ga betah biasanya ilang biggrin

http://pertamax.mywapblog.com/fatin-shidqia-lubis-tak-ada-yang-abadi-c.xhtml

Zhaoldyeck on 06:40 PM, 04-May-13

Absen malam aja sob

Zanity on 07:17 PM, 04-May-13

belajar memahami semut rangrang, nice post

ditunggu kehadirannya diblogku

androidapp DOT yu DOT tl on 07:23 PM, 04-May-13

Kunjungan genk.
Folbak sukses ya, thanx genk
www.androidapp.yu.tl

Scrym on 07:47 PM, 04-May-13

maaf ane selalu telat sob, maklum lah kesibukan dunia nyata

Bagusimple on 09:26 PM, 04-May-13

wah bermanfaat boleh d coba tuh d rumah...
bisnis baru..
hehe

http://simplez.heck.in
/

SoegA87 on 10:09 PM, 04-May-13

wah semut seperti ini yg sering muncul di sebelah gula n kopi ditmpat kerjaku sob.

viee on 12:51 AM, 05-May-13

ichh,.viee pling suebell nex dggit cemut,apalagi cemut'na cemut cwo,,pngen tx pites2!!
smile smile
tp btw info'na bgus bgt kanx,lmyan nex djdixe uzha..m0dal minim,tp hasile keren bgt..hehe

Adie DFrOsT on 05:22 AM, 05-May-13

hadir gan . smile
di tunggu kunbal nya .

Http://adiedfrost99.heck.in/talking-tom-cat-2-for-iphone-ipad-ipod-t.xhtml

MRoby on 05:48 AM, 05-May-13

Absen Pagi Sob.

Waaaah. OK Juga Nich Sob. Modalnya Murah Meriah.
Tapi Untuk Saat Ini Ane Belum Sanggup Sob. sad sad
Mungkin Di Lain Hari Insya Allah Ane Coba.
Terima Kasih Dah Berbagi . . .

androidapp DOT yu DOT tl on 06:27 AM, 05-May-13

Kunjungan ya biggrin
www.androidapp.yu.tl

Cαнтєgαļ on 07:32 AM, 05-May-13

mantep sob artikelnya.
Kunjungan balik sukses.

Http://thejava.mywapblog.com/aplikasi-x-plore1-51_full_icon-s60v3s60v.xhtml

IqbalFardana on 07:40 AM, 05-May-13

Keren Sob..
biggrin

SACRED 99th Ground on 10:27 AM, 08-May-13

wow,, peluang menarik ni sob

pipit hananto on 09:03 PM, 16-Jul-13

dijual boronngan ratu sak ndok - ndoke.
harga nego
hub:
08995289100
087836630799
02718086400

desly putra@ yahoo.com on 04:07 PM, 18-Jul-13

keren mas brow.?

Ilhams on 09:33 PM, 09-Sep-13

izin flw bos , sya pemula ternak kroto

korbankroto on 12:48 PM, 20-Sep-13

jo lali klik rajakroto.com

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top