Belajar Dari Kesalahan Pandawa Lima

May112013



Pandawa Lima merupakan sebuah penokohan terkenal dalam dunia wayang. Kelima tokoh yang tergabung dalam pandawa lima adalah Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Kelima tokoh bersaudara ini merupakan putra dari Pandu Dewananta dan dua ibu yakni Dewi Kunti dan Dewi Madrim. Dalam keseharian, masing-masing dari kelima bersaudara ini memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda, namun memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang sangat kuat.

Dalam puncak cerita pewayangan, terjadi sebuah perang besar antara pandawa lima dengan kurawa yang terkenal dengan Perang Baratayudha. Perang yang juga merupakan sebuah penggambaran tentang perang simbol ankara murka/ketamakan dan kebaikan/keutamaan ini berhasil dimenangkan oleh Pandawa Lima. Pasukan kurawa yang berjumlah 100 orang berhasil diluluh lantahkan oleh pasukan pandawa lima. Meskipun pandawa lima berhasil memenangkan pertempuran, namun mereka juga harus rela dan ikhlas melihat anak-anak pandawa tewas dalam peperangan besar ini. Hal ini yang mengakibatkan para pandawa lima dan seluruh Astina menangis dan meniadakan pesta pora atas kemenangan perang Baratayudha.

Diriwayatkan setelah perang usai, mereka mengadakan sebuah pertemuan yang membahas tentang masa depan negara Astina. Kresna yang dipercaya sebagai pemimpin dari pertemuan tersebut menyatakan bahwa kematian dari anak-anak pandawa adalah sebuah kodrat yang memang harus terjadi.
Pada saat itu, Kresna sempat menceritakan sebuah peristiwa yang dialami Arjuna yang sedang bertapa dan didatangi oleh Dewa Bethara Guru dan Narada. Pada saat itu, Arjuna ditawari oleh kedua dewa tersebut untuk meminta apa saja dan akan dikabulkan semuanya. Namun Arjuna hanya meminta 3 hal yaitu :
1. Pendawa menang dalam Perang Baratayudha
2. Pendawa UTUH LIMA, tidak ada yang gugur dalam perang itu.
3. Kerajaan Astina pura kembali ke tangan Pendawa
Pada saat ketiga permintaan tersebut diutrakan oleh Arjuna, kedua dewa tersebut masih menawarkan apakah masih ada keinginan lain dari Arjuna sampai 3 kali berulang-ulang. Namun Arjuna menjawab "tidak, cukup 3 itu saja" dan kemudian kembalilah kedua dewa tersebut ke khayangan.
Pada saat itulah, Semar yang setia menemani Arjuna bertapa menjerit menangis dan bertanya kenapa Arjuna tidak meminta agar anak-anak Pandawa selamat dan utuh setelah perang Baratayudha, padahal kesempatan meminta selalu ditawarkan oleh keddua dewa tadi. Akan tetapi Arjuna ganti bertanya kepada semar, "apakah semua anak-anak Pandawa kelak akan gugur di medan perang Baratayudha?". Sontak Semarpun semakin menangis menjerit karena Semar tahu bahwa Arjuna baru saja bertapa dan segala ucapannya pasti akan terwujud.

Setelah Krisna bercerita tentang peristiwa tersebut, maka Pandawa Lima pun sadar tentanng kodrat kehidupan yang pasti terjadi sebagaimana yang dimaksud oleh Krisna.
Maka setelah itu, tahta dari kerajaan Astina pun diserahkan kepada bayi kecil cucu dari Arjuna yang bernama Parikesit dan tamatlah kisah keluhuran dan kedigdayaan Pandawa Lima hanya karena mengentengkan hal sepele seperti mempersiapkan calon-calon penerus mereka secara sistematis dan hanya mengandalkan kekuatan kelima bersaudara tadi.

Inilah kesalahan terbesar dari Pandawa Lima dimana mereka hanya memikirkan kekuatan dan kedasyatan pada jaman mereka saja, tanpa memikirkan bagaimana cara mempertahankan kekuatan mereka dengan memilih calon-calon generasi penerus yang bisa mempertahankan kehebatan mereka.
Dari sini dapat kita ambil kesimpulan bahwa :
• kekuatan sebuah pemimpin tidak akan bertahan lama kecuali mereka mempersiapkan generasi-generasi penerus mereka yang bisa membuat nama mereka semakin besar.
• Rasa egois bisa membuat sebuah sistem menjadi kacau dan hancur
• Kesempatan jangan dibiarkan berlalu begitu saja
• Berfikirlah ke depan sebelum memutuskan sesuatu hal
• Hati-hati dalam menjaga perkataan, tingkah laku dan perbuatan.

Sekian postingan tentang Belajar Dari Kesalahan Pandawa Lima yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga kita bisa mengambil hikmah dari sebuah kehancuran/kegagalan dalam cerita ini sehingga kita bisa lebih kuat ke depannya.
Maju terus Indonesia, dan AYO !!!! INDONESIA BISAAAA !!!!!!!!
Semoga bermanfaat.
Indahnya berbagi.
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

60 responses to "Belajar Dari Kesalahan Pandawa Lima"

Agus Hambali on 12:01 AM, 12-May-13

Mantap, mantap, mantap....... sip lah biggrin

Visit: http://agushambali.mywapblog.com/

Mediana Saputra on 12:32 AM, 12-May-13

trimakasih atas artikel yg menarik ini sobat,..
sukses terus buat blognya..

Luchifer on 12:42 AM, 12-May-13

Salam Hadir Selalu sob smile

arrow http://twinsiweds.heck.in/download-game-diamond-rush-untuk-java.xhtml

A.A.K on 12:42 AM, 12-May-13

nice post sob...
http://store.yu.tl

Kumpulan Band Indie Terlengkap on 12:46 AM, 12-May-13

nyimak aq. .manteb masbro, , ,

Komik Hentai on 12:53 AM, 12-May-13

Menarik, Sob..
Cerita Pandawa memang banyak maknanya, terutama tentang kesombongan biggrin
Nice Post

ALFARIZI BLOG on 12:54 AM, 12-May-13

Belajar Dari Kesalahan Pandawa Lima
Arthikelnya wow

yardiantodachi on 12:59 AM, 12-May-13

ini artikel sejarah , perlu di save nih sobb buat pengetahuan saya tentang sejarah ...makasih sobb atas ilmunya...
jangan lupa juga buat mampir ada new post

SimonS Blog on 01:43 AM, 12-May-13

Akan tetapi mereka Pandawa sudah mempunyai generasi yg pilih tanding. Beda dengan Indonesia, apakah sudah bisa diandalkan nie generasi2 muda Indonesia?

User Mwb on 01:46 AM, 12-May-13

Ok lah sob

XtReaM on 04:10 AM, 12-May-13

ane baru tw pandawa 5 tuh sob biggrin thx for sharing

Ahmad on 05:09 AM, 12-May-13

kalo jman skrg jangankan mkir gnerasi msa dpan, pmimpin kt cuma mkr dri sndri

Sarigon on 05:25 AM, 12-May-13

Indonesi memang membutuhkan para pandawa yg mau belajar dari kesalahan dari cerita pandawa lima.

musik indonesia on 05:26 AM, 12-May-13

Tp sayang itu cuma dongeng pewayangan hehe

KAGE NARUSENSEI on 05:26 AM, 12-May-13

Salut deh, masih ada yg peduli sejarah jawa. biggrin

Rohmat Widi on 05:27 AM, 12-May-13

Pandawa goblog. Wkwk. Canda sob.

Ifan Irfansyah on 05:30 AM, 12-May-13

Kunjungan pagi sob,,
kunbal ditunggu.

Irwan Ry on 05:58 AM, 12-May-13

nymak aja dh

Muhammad Arbain on 06:11 AM, 12-May-13

bahkan pandawa gitu
apalagi kurawa. . . .

Bobod on 07:00 AM, 12-May-13

Lw Indonesia skrg yg berkuasa bukan parikesi,tp saudaranya yaitu abimanyu atw ongko wijoyo=angka yg berjaya/berkuasa=uang

Kumprunk Dinda Berbagi Tips N Trik on 07:02 AM, 12-May-13

tokoh pewayangan yang puh inspirasi razz

ND Yellow Boys on 07:20 AM, 12-May-13

Pandawa 5 keren

"Salam Satu Hitam" eek

Berita Dunia on 07:41 AM, 12-May-13

Kalau indonesia untuk mencari bibit2 pemimpin yang jujur saja sudah susah sob"

NGINXERO on 08:06 AM, 12-May-13

Save dulu kang

Klik » http://nginx.mywapblog.com/

deva feth pein on 08:38 AM, 12-May-13

ane nyimak aja sob

http://wahyu58.heck.in/anime-baka-to-test-to-shoukanjuu-1-13-en.xhtml

Aryo Robeth Elmuna on 09:17 AM, 12-May-13

kisah penuh inspirasi

Zetsu on 09:31 AM, 12-May-13

Bener tu min

Gio48 on 10:29 AM, 12-May-13

Hadir untuk berkunjung balik friends!! . . .

Jawa yo jowo hehebiggrin
ikut nyimak ajjah

Fadly THÈkÌL LËR Blog on 10:35 AM, 12-May-13

Keren kunjungan pagi

GamerJVR G4G on 10:41 AM, 12-May-13

ikut mreramaikan aj kang, jika berkenan jangan lupa mampir y dan follow nanti saya langsung follback

GamerJVR G4G on 10:42 AM, 12-May-13

ikut mreramaikan aj kang, jika berkenan jangan lupa mampir y dan follow nanti saya langsung follback

Tumenggung 666 on 11:37 AM, 12-May-13

namanya saja karangan bro, takdir pandawa bukan dtentukan oleh Tuhan,tp oleh pengarangnya yaitu begawan Vyasa. Jgn tll serius sama itu deh biggrin
tp pelajaran yg didapat bgs juga kog

Zhaoldyeck on 11:49 AM, 12-May-13

Kunjungam siang aja sob

Adie Soxell on 12:21 PM, 12-May-13

dari cerita wayang ni sob , bagus sob

riniwp on 12:25 PM, 12-May-13

Dari pda ksalahanya,,
Pandawa lima lbih banyak sisi baiknya yg mesti kt tiru..
Krna meski hanya dongeng tp semua critanya menggambarkan sifat'' manusia

Andie Zyodiablo on 12:38 PM, 12-May-13

Bmanfaat bgt. emang keEgoisan bkin ancur.. mampir yuk

Dimas Eka Avianto on 01:01 PM, 12-May-13

siip... Nambah pengetahuan. Ditunggu kunbalnya. http://seputarfakta.heck.in/5-ritual-menjadi-dewasa-yang-sadis.xhtml

тяιиιđαđ вυđιмди on 01:56 PM, 12-May-13

kalo menurut hemat saya kesalahan pandawa ada jauh sebelum perang baratayuda ketika mereka berjudi dengan mempertaruhkan negara dan kalah

Gudang Lagu on 02:21 PM, 12-May-13

Bermanfaat Gan Artikelnya

fajri park on 02:39 PM, 12-May-13

Kunjungan siang sobat wah super mantap n keren infonya sangat2 bermanfaat jika ada waktu mampir,.

down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow

http://faampark.heck.in

Naruchigo on 03:08 PM, 12-May-13

KUNJUNGAN SORE GAN , JANGAN LUPA NANTI KUNBAL Y ADA YANG BARU DI BLOGKU

Jeasen Alaskobar Sang Editor on 03:44 PM, 12-May-13

aBsen sore boss.. Nice the post buat sore ini..

Révý ÇhèÞótÐz on 04:37 PM, 12-May-13

keren bro ceritanya,

Biodata Iblis
http://revychepotdz.mywapblog.com/biodata-iblis.xhtml

merdian dwi priambodo on 05:28 PM, 12-May-13

Hadir sob . . .
Kunjungan sore

sholih on 06:01 PM, 12-May-13

ijin save nanti malem bacanya!

http://sholih.pun.bz/cara-copy-teks-di-hp-dan-di-paste-di-hp.xhtml

Trasher on 07:05 PM, 12-May-13

Nice artikel sahabat
tetap semangat untuk terus berkarya smile

Ahmad Sakai on 09:01 PM, 12-May-13

sekadar karangan sob... Tp alur cerita'na mantap ...met malem ea biggrin

Fadli 1933 on 09:12 PM, 12-May-13

Good sekali

Juvit Revant on 10:55 PM, 12-May-13

banyak hikmah yg bisa diambil kang. Kalo ane suka sm arjuno ireng biggrin

Yans Games on 12:48 AM, 13-May-13

Artikelx bermanfaat sob sangat menginspirasi kaum muda jaman skrg..

-SW0RD L0VE-
http://gameku.heck.in/sword-love.xhtml

Madthohars | Gudang Ilmu & Artikel xX0Xx on 12:58 AM, 13-May-13

smilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmilesmile
makasih ya cermin kehidupannya mazzz.mksh smilesmilesmile.Ditunggu kehadirannya & kunjungan baliknya ya

http://serpihanfb.mywapblog.com/sebuah-catatan-kecil-kesaksian-kematian.xhtml

Ada Kehidupan dan Dunia Lain Di Dalam Bumi (HOLLOW EARTH)
http://serpihanfb.mywapblog.com/ada-kehidupan-dan-dunia-lain-di-dalam-bu.xhtml

Duta Utama on 12:59 AM, 13-May-13

kontes apa sob ?
http://ciciliatama.mywapblog.com

Bobo Boy on 06:43 AM, 13-May-13

kunjungan perdana gan, kalo ada waktu mampir ke blog ane ya?

Iful Famour Man on 06:47 AM, 13-May-13

Selamat pagi sahabat Nusantara dan moga dalam keadaan sehat selalu maaf baru bisa berkunjung....

Jangan lupa kunjungan balik dan bila belum di follow blog aku follow back ya...


http://handiljawa.mywapblog.com

Duniaku Berbagi on 07:36 AM, 13-May-13

Dari pada kesalahanya,,
Pandawa lima lebih banyak
sisi baiknya yang mesti kita tiru..
Karna meski hanya dongeng
tapi semua ceritanya
menggambarkan sifat'' manusia. smile

Zanity on 07:43 AM, 13-May-13

aq mau cari ksalahan ku sndri buat diperbaiki? biggrin

ditunggu kehadirannya diblogku sob. ada new post
http://fauzan.faa.im/2-tahun-203-hari-bersama-mywapblog.xhtml

Donst Mobile Blog on 08:20 AM, 13-May-13

jadi pgen liat wayang. Wkwk

supari end on 10:23 AM, 13-May-13

maafin ag ea yang selalu tlat .neh pas istrahat sebentar ag tengok dulu post shobat

Aries on 10:46 AM, 13-May-13

mantap lestarikan budaya

http://pertamax.mywapblog.com/fatin-shidqia-lubis-everything-at-once-c.xhtml

Widiarko Adis on 02:30 PM, 13-May-13

Assalamualaikum

Kunjungan Siang Sob..
1.maaf nih sob aku ga bisa lama2 aku pun Blum Sempat Baca Postingan Sobat,soalnya aku lagi ngebut nih mau SILATURAHMI ke blog Sobat2 MWB karena udah lamanih ane ga silaturahmi mungkin Besok Aku Kan Coba Baca Postingan ini.

2.Aku Juga Minta Maaf Karena kOmenku Tak Sesuai Artikel,

3.Aku Juga Minta Maaf 1X Lagi Karena Tak Menghargai Postingan Sobat Yang Udah Cape2 ngetik tapi Komenku Cuma Pake Koment COPAS

4.Sukses terus buat ADMIN NYA..

Wassalamualaikum

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images


 
Back to Top