Bahaya "Positif Thingking"

March282013


Wow pasti anda penasaran dengan judul tulisan ini ?
Saat ini banyak sekali orang-orang yang mengatakan bahwa anda harus berpikir positif. Tapi kok bisa-bisa saya menulis artikel ‘bahaya berpikir positif ?’ Sebelum saya memulai membahas mengenai ‘Bahaya Berpikir Positif’, saya ingin menceritakan sedikit tentang satu film yang dulu pernah saya tonton. Sekali lagi saya tidak lagi promosi film ini dan saya tidak mendapatkan komisi/royalti apapun dari film ini.
Tapi jika anda ingin menontonnya silakan, tapi kalau tidak anda tidak perlu menontonnya karena akan saya kupas sedikit sinopsis dari film tersebut.



Film yang saya tonton adalah film dari Jim Carrey yang berjudul ‘Yes Man’. Dalam film tersebut hiduplah Carl Allen (Jim Carrey) dimana hidupnya dari hari ke hari hanya berjalan ditempat. Hal ini terjadi karena Carl Allen selalu mengatakan kata “tidak” untuk segala sesuatu-nya. Karena menurut dia jika dia mengatakan tidak untuk segala sesuatunya maka tidak ada resiko yang dihadapi-nya. Hal ini berlangsung cukup lama sampai teman baiknya memaksa ia mengikuti program pengembangan diri dimana dalam program ini selama beberapa waktu dia HARUS berkata “YA” untuk segala sesuatu.
Ya anda tidak salah baca bahwa Carl Allen harus berkata YA untuk segalanya. Dapat anda bayangkan kekonyolan, kekacauan serta kelucuan yang terjadi karena hal diatas. Singkat cerita kekuatan untuk berkata "YA" merubah hidup Carl secara drastis dengan cara yang luar biasa dan tak terduga olehnya.

Namun terlepas dari cerita film tersebut, saya ingin mengajak anda berpikir sejenak apakah benar untuk selalu berpikir positif tanpa anda memikirkan ulang apa arti dari berpikir positif tersebut ? Sebelum anda memprotes lebih jauh coba simak dulu uraian beberapa nara sumber yang telah saya dapatkan.

Dalam salah satunya buku Pak Adi W. Gunawan dan Pak Ariesandi Setyono dengan judul “Kesalahan fatal dalam mengejar Impian” dikatakan bahwa ternyata ada bahaya ‘berpikir’ positif.
Sekali lagi anda tidak salah baca, bahwa dalam bukunya mengatakan bahwa beliau dan rekan beliau mengalami efek negatif dari ‘berpikir’ positif. Yang dimaksud beliau (Pak Adi W. Gunawan dan Pak Ariesandi Setyono) ‘bahaya dari berpikir positif’ adalah sering kali kita diyakinkan, merasa yakin atau asal percaya kita harus berpikir positif tanpa ada landasan yang kuat. Pak Adi W. Gunawan kembali menjelaskan bahwa berpikir positif yang lebih tepat adalah anda harus benar – benar tulus dan sinkron baik antara pikiran bawah sadar anda dan pikiran sadar anda dalam menggunakan kerangka berpikir positif ini.

Menurut Pak Tommy Siawira dalam bukunya ‘Blueprint Kesuksesan’ bahwa berpikir positif bukanlah berpikir bahwa tidak ada masalah dan beranggapan bahwa segala sesuatunya akan baik dengan sendirinya. Menurut Pak Tommy Siawira bahwa berpikir positif adalah berpikir bijak dengan menyadari bahwa ada masalah namun meresponnya dengan mencari solusi bukan-nya membiarkan masalah itu beres dengan sendirinya.
Jika anda terus menerus mengatakan kepada pikiran sadar anda untuk berpikir positif tanpa adanya dasar keyakinan yang jelas, sudah pasti hal tersebut tidak akan berjalan untuk anda karena ada konflik antara batin anda dan pikiran sadar anda. Sampai artikel ini dibuat saya sangat setuju bahwa pikiran positif itu baik jika berfokus pada solusi permasalahan BUKAN berpikir positif pasrah yang berpikir bahwa segala sesuatu-nya akan baik sendirinya dengan berjalannya waktu tanpa anda berbuat apapun.

Jadi dimanakah anda ? Berpikir Positif fokus pada penyelesaian Masalah atau Pasrah

Ide menulis artikel ini muncul saat saya (Adi W. Gunawan) berbincang dengan rekan saya, Ariesandi Setyono, saat mengevaluasi mekanisme pikiran. Kami mengevaluasi pengalaman hidup kami berdasarkan berbagai buku positif yang telah kami baca. Diskusi berjalan seru, sangat inspiring dan mind challenging. Jujur saya akui bahwa tidak mudah untuk bisa benar-benar menjadi seorang pengamat atas belief system dan proses pikiran kami. Kami harus melepaskan keterikatan dan kemelekatan terhadap berbagai informasi dan konsep yang telah kami terima selama ini, yang kami yakini sebagai hal yang benar. Bill Gould, mentor kami selalu berpesan, ”You have to challenge everything, including your own belief system or assumptions. That’s the key to quantum leap in personal growth and consciousness expansion”. Salah satu topik yang kita bahas dengan intens adalah mengapa berpikir positif justru semakin memperburuk kinerja seseorang. Topik ini menjadi materi yang menarik untuk didiskusikan karena kami sendiri telah mengalami efek negatif dari “berpikir” positif. Benar. Anda tidak salah baca. Kami mengalami efek negatip dari ”berpikir” positif. Namun tolong jangan protes dulu. Saya menempatkan kata berpikir dalam tanda kutip.
Apa maksudnya? Sering kali kita merasa yakin, diyakinkan, atau asal percaya bahwa kita harus berpikir positif. Menurut berbagai buku dan motivator atau trainer berpikir positif baik bagi diri kita. Yang jarang diungkapkan adalah bahwa berpikir positif itu harus benar-benar tulus dan holistik.

Yang saya maksudkan dengan holistik adalah baik
pikiran sadar maupun bawah sadar keduanya saling
setuju, sinkron, kongruen dalam berpikir positif.
Ambil contoh orang yang menetapkan suatu target
penjualan
. Misalnya target bulan ini adalah 50% lebih
tinggi dari bulan sebelumnya. Pikiran sadar kita
”percaya”, lebih tepatnya dipaksa untuk percaya, bahwa
kita mampu mencapai target ini. Kita melakukan afirmasi
setiap hari, menempel kata-kata positif di berbagai
tempat, dan melakukan visualisasi. Apa yang terjadi?
Ternyata ada bagian dari diri kita yang menolak hal ini
karena kenaikan target dianggap terlalu tinggi sehingga
dirasa tidak mungkin bisa dicapai. Akibatnya kita tidak
berhasil mencapai target ini. Namun kita tetap ”percaya”
dan ”positive thinking” bahwa kita dapat mencapai
apapun asal kita yakin. Bukankah ini yang diajarkan di
hampir semua buku positif dan berbagai seminar
motivasi?

Lalu apa yang kita lakukan? Kata orang, ”Kegagalan
adalah sukses yang tertunda”
, ”Tidak penting berapa kali
kita jatuh yang penting adalah kita bangkit setiap kali kita
jatuh”, ”Tidak ada namanya kegagalan, yang ada
adalah hasil yang tidak kita inginkan”, dan masih banyak
lagi kata-kata mutiara berkenaan dengan kegagalan.
So….? Keep trying….. pokoke maju tak gentar, pantang
menyerah.

Setelah dua bulan, tiga bulan, empat bulan, dan kita
masih belum berhasil mencapai goal kita maka kita mulai
merasa nggak enak. Tapi kita tetap berusaha berpikir
positif. Why? Karena memang begitulah yang kita baca
di buku-buku positif.
Lalu, mengapa ”berpikir” positif justru akan sangat
berbahaya bagi diri kita? Pada kasus di atas, yang terjadi
tebenarnya adalah kita, secara tidak sadar, telah
mengedukasi pikiran bawah sadar bahwa kita
sebenarnya memang tidak kompeten alias gagal. Lho,
kok bisa begitu ? Lha, buktinya kita sudah berkali-kali
tidak berhasil mencapai target. Pikiran sadar kita dapat
kita paksa untuk berpikir positif. Namun pikiran bawah
sadar kita tidak bisa kita bohongi. Setiap kali kita gagal
mencapai goal maka pikiran bawah sadar diedukasi
dengan suatu pelajaran negatip, ”Ternyata memang saya
nggak bisa mencapai goal ini”. Dengan mengalami
kegagalan beruntun maka efek repetisi terjadi (ingat
prinsip pemrograman pikiran). Dan kita, secara bawah
sadar, semakin percaya bahwa kita memang tidak
mampu.
Kalau anda tidak percaya apa yang saya jelaskan coba
anda rasakan perasaan anda saat saya berkata, ”Set
Goal”
. Bagaimana perasaan anda saat anda melakukan
Goal Setting. Apakah yang muncul perasaan positif atau
negatip?

Dari pengalaman saya, kata ”goal setting” ternyata
mempunyai konotasi negatip. Mengapa ? Karena kata ini
mengingatkan kita akan kegagalan kita. Banyak kawan
kaya yang secara jujur berkata, ”Sekarang kalau saya
diminta set goal maka perasaan saya langsung menolak.
Ada perasaan nggak enak di hati saya. Nggak tahu
kenapa bisa seperti ini”.
Sebenarnya jawabannya sederhana. Goal karena terlalu
sering tidak berhasil dicapai akhirnya mempunyai
konotasi negatip. Kita secara bawah sadar
menghubungkan/meng-anchor kata goal setting dengan
perasaan gagal. Jadi setiap kali kita mendengar kata
”goal setting” maka yang muncul adalah memori atau
pengalaman kita saat gagal (berkali-kali) dalam
mencapai goal kita.
Jadi, semakin seseorang berusaha untuk positif maka
semakin negatip ia jadinya. Mengapa bisa begini?
Karena memori manusia bersifat holographic sehingga
mempunyai kemampuan/sifat cross referenced. Artinya,
tidak ada memori yang berdiri sendiri. Semuanya saling
terkait. Saat kita berusaha positif maka pada saat yang
sama pula kita mengaktifkan memori negatip, di bawah
sadar. Semakin kita berusaha positif maka semakin kuat
efek negatip. Hal ini jarang disadari dan dimengerti
orang.


Seorang kawan yang bergerak di bidang marketing, satu
minggu setelah menerapkan konsep keselarasan pikiran
positif (sadar dan bawah sadar) mampu meningkatkan
penghasilan 3 (tiga) kali lipat dibandingkan sebelumnya.
Dan yang lebih hebat lagi ia tidak usah kerja keras untuk
mencapai hal ini. Kesannya adalah semua sudah ada
yang mengatur.
Satu hal yang perlu anda ketahui yaitu kawan saya ini
adalah orang yang selalu berusaha berpikir positif, telah
membaca sangat banyak buku positif, menghadiri
berbagai seminar di dalam negeri dan di luar negeri. Ia
malah telah bertemu dengan dua orang top. Seorang di
bidang motivasi dan seorang lagi adalah penulis buku
keberhasilan finansial yang sangat terkenal. Sudah tentu
ia membayar sangat mahal untuk bisa menghadiri
seminar-seminar ini. Apalagi seminarnya dilakukan di
Singapore.
Namun apa yang terjadi? Semakin ia berusaha positif
maka semakin dalam ia terperosok ke dalam perangkap
berpikir negatip. Kawan saya ini protes keras saat
pertama kali mendengar tentang ”Bahaya Berpikir
Positif”. Baginya statement ini nggak masuk akal. Namun
setelah berdiskusi cukup panjang kawan saya akhirnya
bisa memahami maksud saya.
lalu bagaimana cara berpikir positif yang benar-benar
positif? Ya itu tadi. Pikiran sadar dan bawah sadar harus
selaras. Yang harus menjadi landasan pijak adalah apa
yang ada di pikiran bawah sadar. Jadi, untuk benar-
benar mampu berpikir positif yang positif maka pikiran
positif itu harus berawal di pikiran bawah sadar. Bila ini
berhasil kita lakukan maka efeknya akan sangat luar
biasa. Kita akan dapat dengan sangat mudah mencapai
target yang kita inginkan.
Anda pasti bertanya, ”Ok, kalau begitu bagaimana
caranya?” Ada banyak cara untuk bisa menyelaraskan
pikiran sadar dan bawah sadar, untuk bisa membuatnya
kongruen. Kita bisa menggunakan NLP, Hypnotherapy
(ada sangat banyak teknik), SMC, Visualisasi, Mind
Reprogramming dengan bantuan guided imagery,
menggunakan musik/audio dengan muatan frekwensi
khusus, atau teknik lainnya. Akan sangat panjang dan
teknis bila saya jelaskan dalam artikel ini.


Sumber : Belajar Pemasaran

Referensi Film "Yes Man" bisa Anda download DISINI

Semoga bermanfaat.
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

33 tanggapan untuk "Bahaya "Positif Thingking""

Dani pada 02:40 PM, 28-Mar-13

Add My PeSBuk => http://fb.me/Dn.hax

arrow http://www.hacker.p.ht/menambahkan-fitur-java-pada-hp-cina.xhtml

Berita Dunia pada 03:01 PM, 28-Mar-13

Seperti mengejar gadis pujaan" selalu berfikir positif pasti kan ku dapat tapi nyatanya di tolak" bisa2 stress"biggrin

Naruchigo Blog pada 03:05 PM, 28-Mar-13

kunjungan sore gan , maaf baru berkunjung soal'a kemarin ujian praktek

Rapik Mobile Blog pada 03:13 PM, 28-Mar-13

postingan nya panjang bgt tuh biggrin

Doblonk pada 03:14 PM, 28-Mar-13

kayanya mantap nih..
Di tunggu kunbalnya biggrin

MUSIK ID pada 03:22 PM, 28-Mar-13

Mantap bro . .
Menarik.

Zetsu pada 03:35 PM, 28-Mar-13

Ukey kawan tq ne dah share

ewans pada 03:47 PM, 28-Mar-13

Boleh ne buat wawasan.. Tq min

Zone Naruto pada 03:49 PM, 28-Mar-13

Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. biggrin

Kumprunk Dinda Berbagi Tips N Trik pada 03:56 PM, 28-Mar-13

ckckckck...,
Link fimnya ada gak..??

Intan Baiduri pada 03:57 PM, 28-Mar-13

Assalamu'alaikum wr wb
knjngan sore
wih mantap ne artikel'asmile

Komik Hentai pada 04:03 PM, 28-Mar-13

Seepp..
Baru tahu, Sob. Konsekuensi dari Berpikir Positif biggrin
arrowThanks Udah Share

Lightening Heart pada 04:09 PM, 28-Mar-13

puyeng.....xixixixi,razzkalo baca teks kepanjangan,tak BM dulu ya,tak lanjutin nanti bacanya...


http://chariz38.yu.tl/internet-gratis-three-aon-spesial-ahir-b.xhtml

Hasby pada 04:10 PM, 28-Mar-13

kita lihat sikonnya saja bro

Zy Fauzy pada 05:59 PM, 28-Mar-13

kalau ditanya mau gak bunuh diri..jawaBnya Ya..hehe
pengen n0nt0n film tU Kang

Yuvz VRV ID pada 12:18 AM, 29-Mar-13

mntab

TriyaMobile pada 12:35 AM, 29-Mar-13

kunjungan tengah malam sob..
ikut meramaikan blog sobatmrgreen
nice post..
jgn lupa mampir ke blogkuranger

down-arrow
triyamobile.mywapblog.com/backlink-2.xhtml

Diif Giga pada 01:36 AM, 29-Mar-13

benar sekali ane sependapat dgn judul d atas stelah mmbaca isi artikel.

fajri park pada 07:18 AM, 29-Mar-13

Kunjungan pagi sob Wah super mantapp n keren infonya kalau ada waktu mampir:

down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow down-arrow

http://faampark.heck.in

IRSAD SENSEI pada 07:30 AM, 29-Mar-13

owh bahaya ya?
ditunggu kunbalx di
http://animego.pun.bz/naruto-shippuden-306-sub-indo.xhtml

Afandy pada 07:34 AM, 29-Mar-13

hadir gan, ikt nyimak nebiggrin

Zhaoldyeck pada 08:21 AM, 29-Mar-13

Kunjungan pagi aja sob. dan saya muter-muter dulu ya sob.

щЩщ Ahmad Sadun Nafsirin сом pada 08:56 AM, 29-Mar-13

Kunjungan pagi sob . .smile

♪♫Kunbal ya. . ♪♫

http://sadunz-arts.heck.in

Andie Zyodiablo pada 09:06 AM, 29-Mar-13

Hadir lg untkmusmile aNe nyimak dlu smbil ngajak mampir biggrin abis panjang bgtbiggrin

jeky pada 10:05 AM, 29-Mar-13

wah sbuah prosfek manajemen nih, izin save page ah

Juvit Revant pada 10:26 AM, 29-Mar-13

Oo, jadi begitu maksudnya . .

Mhd Amar pada 08:13 AM, 30-Mar-13

selamat pagi sob.
Mf telat ya.dan baru berkunjung k blog sobat.
O ya sob.saya nyimak dulu ya.ni update lg numpuk ni. biggrin

Koplak Kampung pada 01:25 PM, 30-Mar-13

oke informasinya kawan, sangat bermanfaat sekali bagi Koplak...
walaupun tangan saya pegal bacanya, sebab puanjang banget,,geser scroll Hp kebawah..hehehe....tapi kagak apa2.

rizQ prayogo pada 03:50 PM, 30-Mar-13

keren infonya bro and klau da wktu mampir y sob di http://rizqprayogo.mywapblog.com/

Antony Stark pada 04:54 PM, 30-Mar-13

Postingan yg menarik sob, nice post

http://antonystark.heck.in/koleksi-lagu-jamrud-dan-boomerang.xhtml

bayu dewa balaputra pada 03:45 AM, 31-Mar-13

kunjungan pagi sob.
smile
maaf sob nggak bisa lama-lama disini coz masih banyak blog teman-teman yang belum aku kunjungi sob.
untuk itu diharap kemaklumannya sob.
smile
jangan lupa mampir juga sob, coz ada yang baru.
http://bayusadewa.mywapblog.com/shortcut-untuk-windows-8.xhtml
biggrin
salam sukses selalu untukmu sob.
smile

FULL MP3 REGGAE pada 04:02 AM, 31-Mar-13

Positif aja bhaya ap lg ngtif!

ROAD TO HELL JALAN KE NERAKA pada 08:44 AM, 01-Apr-13

Saya netral Bro, hanya menganalisa saja razz

terimakasih telah hadir di :

Css Islami : Css Donasi, Css Green Islam dari Master Pinjel

http://roadtohell.mywapblog.com/css-islami-css-donasi-css-green-islam-da.xhtml

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas